5 Tips Menyimpan Susu Bubuk agar Kualitas Terjaga

5 Tips Menyimpan Susu Bubuk agar Kualitas Terjaga

Bagi Anda para ibu selalu ingin memberikan gizi terbaik bagi buah hati. Kandungan nutrisi yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak yaitu susu bubuk. Jenis susu ini memang menjadi pilihan tepat sebab lebih awet karena bisa disimpan hingga berbulan-bulan. Namun, tetap saja kualitas penyimpanan juga mempengaruhi. Simak tips berikut bunda untuk bisa menjaga kualitas susu tetap terjaga.

1. Pilih Wadah yang Kedap Udara

Setelah membeli susu yang diinginkan, segera pindahkan ke wadah kedap udara dan tutup dengan rapat. Hal ini untuk mencegah kerusakan susu karena terkena udara. Tindakan ini juga mencegah susu cepat kadaluarsa dan basi.

Biasanya susu jenis ini dibungkus dengan aluminium foil. Cara penyimpanan yang tepat yaitu dengan melipat aluminium tadi, kemudian ikat menggunakan karet. Sehingga, udara tidak akan mudah masuk ke dalam.

2. Pastikan Wadah dalam Keadaan Bersih

Anda wajib untuk mengecek wadah dalam keadaan bersih sebelum memindahkan susu ke dalamnya. Pastikan juga wadah tidak berbau. Wadah dalam keadaan kering memegang peranan penting untuk menjaga kualitas susu.

Susu memang sangat mudah menyerap bau udara. Dengan demikian, ketika wadah yang digunakan bau dan kotor akan terserap ke dalam susu. Tentu Anda tidak menginginkan susu berubah rasa menjadi tidak lezat bagi si kecil.

3. Hindari Susu Terkena Sinar Matahari secara Langsung

Saat meletakkan susu pada ruang yang terbuka, hindari terkena sinar matahari secara langsung. Sinar tadi bisa meningkatkan suhu pada kemasan. Sehingga, dapat memicu perkembangan bakteri jahat berbahaya yang mempengaruhi kesehatan anak.

Untuk toples yang memiliki kaca tembus cahaya, bisa diatasi dengan memberi lapisan kertas alumunium. Sehingga, cahaya matahari tidak akan mampu menembus ke dalam wadah. Dengan demikian, kualitas susu tetap terjaga.

4. Simpan Susu di Dalam Kulkas

Selain tindakan diatas, Anda juga bisa menyimpan susu langsung ke dalam kulkas. Penyimpanan susu berbentuk bubuk dan cair berbeda dalam penyimpanan. Susu cair sebaiknya disimpan pada susu 1 hingga 3 derajat celcius. Sebaliknya, susu jenis bubuk disimpan di dalam lemari pendingin dengan suhu 10 hingga 15 derajat celcius. Dalam suhu ini susu jenis bubuk tidak akan menggumpal dan lembap.

Anda bisa menyesuaikan suhu sesuai dengan jenis susu yang ingin disimpan. Atur pada kontrol kulkas. Bahkan, bisa Anda cek menggunakan termometer, sehingga suhu yang diinginkan bisa diketahui. Dengan demikian, susu menjadi awet dan tetap berkualitas.

5. Cek Tanggal Kadaluarsa Susu

Susu dengan jenis bubuk memang bisa digunakan dalam jangka waktu lebih lama. Namun, Anda jangan lupa untuk selalu melakukan pengecekan dengan tanggal kadaluarsa susu. Alangkah lebih baik jika susu yang dibeli dihabiskan dalam waktu 6 bulan.

Dalam kurun waktu ini bakteri belum banyak berkembang. Selain itu, saat memindahkan ke wadah lain, tulis juga tanggal kadaluarsa susu. Inilah beberapa tips untuk menyimpan susu bubuk supaya tetap awet dan berkualitas.

admin