8 Cara Mengatasi Anak Susah Makan yang Patut Dicoba

Cara Mengatasi Anak Susah Makan yang Patut Dicoba

Memiliki anak dengan tumbuh kembang baik tentu menjadi harapan bagi para orang tua. Namun beberapa kendala seperti masalah susah makan yang umum terjadi pada anak tentu menjadi tantangan tersendiri. Padahal asupan gizi yang cukup bagi tumbuh kembang anak. Beragam cara mengatasi anak susah makan pun dilakukan.

Cara Ideal untuk Mengatasi Kebiasaan Susah Makan Pada Anak

Ada beberapa penyebab yang dapat menjadi pemicunya mulai dari selera makan hingga masalah pencernaan. Anda sebagai orang tua tentu harus memahami penyebabnya dengan baik. Namun jika masih kesulitan untuk membujuk anak yang susah makan, berikut ada beberapa tips yang layak untuk Anda coba

Hidangkan Makanan yang Menarik Perhatian Anak

Anak-anak cenderung menyukai berbagai hal yang mencolok dan menarik. Salah satu alasan mengapa anak susah makan, mungkin mereka bosan dengan tampilan makanan yang sederhana.

Untuk menarik perhatiannya, coba hidangkan makanan yang sama dengan tampilan yang lebih menarik seperti membentuk nasi menjadi bentuk beruang, mengubah lauk menjadi beragam karakter dan sebagainya.

Tambahkan Variasi Makanan Baru

Selain bosan dengan tampilan makanan, biasanya anak cenderung bosan dengan rasa makanan yang itu-itu saja. Untuk memicu semangat makan anak, Anda bisa menambahkan variasi makanan baru dengan cita rasa berbeda pada setiap hidangan.

Selain dapat membuat rasa penasaran meningkat, menambah varian makanan tentu dapat memperkaya asupan nutrisi yang diperlukan oleh anak.

Berikan Makanan Sesuai Porsinya

Terkadang masalah susah makan terjadi karena selama Anda selalu memberikan porsi makanan terlalu besar dan melebihi kapasitasnya. Hal ini tentu membuat porsi makanan yang diberikan menjadi sering tidak habis.

Daripada harus membuang-buang makanan, coba untuk memberikan makanan kepada anak sesuai dengan porsinya.

Jangan Paksa Anak Saat Makan

Orangtua mana yang tidak kesal saat melihat anak susah makan. Walaupun begitu memaksa anak bukanlah solusinya. Semakin dipaksa, anak cenderung melawan dan semakin susah untuk diajak.

Coba biarkan anak makan makanan yang dia inginkan terlebih dahulu dengan porsi yang diinginkan. Perlahan Anda bisa mulai sering menghidangkan makanan yang ia sukai dengan porsi yang sesuai untuknya.

Jangan Memberikan Camilan Sebelum Makan

Tahukah Anda jika camilan dapat memberikan sensasi rasa kenyang? Oleh karena itu, memberikan camilan sebelum anak makan, tentu tidak baik karena dapat membuat anak menjadi lebih cepat kenyang.

Sering Mengajak Anak Berolahraga

Saat ini banyak sekali vitamin penambah nafsu makan yang dapat membantu meningkatkan nafsu makan anak secara praktis. Namun agar lebih sehat, mengapa tidak mengajak anak Anda untuk mulai rajin berolahraga?

Selain membuat tubuh menjadi lebih bugar, berolahraga ternyata juga mampu meningkatkan nafsu makan anak.

Hindari Makanan Junk Food

Junk Food memang terlihat lebih praktis dan umumnya sangat digemari anak-anak. Namun dibalik itu semua, junk food mengandung banyak sekali lemak, gula, dan kalori yang berbahaya jika dikonsumsi terus menerus.

Daripada memberikan anak junk food saat susah makan, coba untuk bereksperimen menghadirkan beragam variasi makanan baru yang sehat untuk anak.

Kenalkan Manfaat Makanan

Untuk bisa membujuk anak untuk semangat makan, Anda juga bisa mengedukasi anak dengan memperkenalkan ragam manfaat makanan bagi tubuhnya. Perhatikan juga hobi, cita-cita, atau hal yang digemari anak. Hubungkan hal tersebut dengan manfaat makanan sehingga anak mulai tertarik untuk makan dengan lahap.

Nah, ternyata ada banyak cara mengatasi anak susah makan yang bisa dicoba tanpa harus menggunakan. Anda juga bisa mencukupi kebutuhan nutrisi anak dengan PediaComplete atas rekomendasi dokter. Hadir dengan nutrisi komplit AA, DHA lemak nabati, 14 vitamin dan 9 mineral, PediaComplete bisa menjadi pilihan tepat untuk membantu masalah anak.

admin