Berikut Permainan Anak Jadul Yang Sudah Mulai Ditinggalkan

Berikut Permainan Anak Jadul Yang Sudah Mulai Ditinggalkan

Bermain menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan. Tak hanya sebagai hiburan, bermain juga mampu mengembangkan sosialisasi anak dan daya kreativitas.

Permainan anak jaman dahulu banyak yang melibatkan sistem motorik sehingga membuatnya menjadi lebih aktif, lincah dan tentunya bisa berinteraksi dengan anak yang lain.

Permainan tersebut juga ada beberapa yang bisa mengelola emosi dan juga belajar ketangkasan tubuh. Sayangnya, permainan tersebut mulai hilang karena sudah banyak yang ditinggalkan.

Bagi yang ingin bernostalgia, berikut beberapa permainan terbaik anak jaman dulu yang bisa dicoba untuk anak jaman sekarang :

1. Petak umpet

Permainan jaman dahulu yang bisa dimainkan di sini adalah petak umpet. Permainan ini dulunya sangat digemari anak-anak karena dapat dimainkan oleh dua orang atau lebih.

Cara memainkan permainan ini juga sangat mudah dan pastinya tidak membutuhkan alat khusus sebagai medianya. Anak-anak tinggal melatih skill berlari kencang dan juga handal dalam bersembunyi.

Cara mainnya, ada satu teman yang nanti ditunjuk sebagai penjaga. Sedangkan untuk pemain yang lain tinggal bersembunyi. Biasanya anak yang bertugas diambil dari yang kalah hompimpa.

2. Ular Naga Panjang

Permainan ular naga panjang akan sangat menyenangkan jika dimainkan secara beramai-ramai. Untuk memainkan permainan ini, biasanya pemainnya memilih tempat yang luas.

Agar semakin seru dan menyenangkan, permainan ini biasanya diikuti oleh tujuh orang atau lebih. Cara untuk memainkannya, ada satu pemain yang nanti dipilih untuk menjadi penjaga.

Biasanya mereka dipilih menggunakan sistem hompimpa. Penjaga harus menyatukan kedua tangan dan mengarahkannya ke atas berbentuk lorong.

Selanjutnya anak-anak lain harus berbaris dengan meletakkan tangan di bagian pundak teman di depannya.

Setelah itu, semua pemain bernyanyi dan setelah lagu selesai, penjaga akan menarik tangan ke bawah. Pemain yang kena perangkap akan kalah.

3. Bola Bekel

Permainan anak jaman dulu yang tak kalah menarik adalah bola bekel. Permainan untuk anak ini biasanya menggunakan media satu bola bekel yang berukuran besar dan kecil.

Ada juga enam biji bekel yang akan digunakan untuk memainkan permainan ini. Cara memainkan permainan ini sangat mudah karena cukup menyusun enam biji bekel dengan memantulkan bola bekel ke arah lantai.

Sebelum bola tersebut menyentuh lantai, si anak wajib mengambil satu biji bekel dan menggenggamnya di tangan.

Lakukan hal tersebut hingga semua bijinya terambil. Jika ada biji yang jatuh, maka permainan selesai dan pemain tersebut harus mengulangi dari awal.

Bola bekel yang memantau dua kali juga membuat pemain kalah. Biasanya permainan untuk anak ini sering dimainkan anak perempuan.

Permainan anak jaman dulu memang sangat beragam. Sayangnya karena perkembangan zaman, permainan tersebut sudah mulai ditinggalkan.

admin