Inilah Ciri-ciri Ovulasi yang Harus Kamu Tahu! Yuk Tingkatkan Peluang Hamil!

Inilah Ciri-ciri Ovulasi yang Harus Kamu Tahu! Yuk Tingkatkan Peluang Hamil!

Apakah kamu seseorang yang baru menikah? Apabila iya, pengetahuan yang satu ini tidak boleh kamu lewatkan. Ya betul sekali, pengetahuan tentang masa subur atau masa ovulasi.

Ovulasi merupakan proses dimana sel telur yang sudah matang dikeluarkan dari induk telur (ovarium) ke tuba falopi untuk kemudian dibuahi. Masa subur ini perlu diketahui apabila kamu sedang merencanakan kehamilan atau sedang mencegahnya.

Masa subur ini merupakan waktu yang paling baik untuk melakukan hubungan sexual, karena bisa mempercepat kehamilan. Sebaliknya, apabila kamu sedang mencegah kehamilan, masa subur ini bisa dijadikan sebagai KB alami. Kamu bisa menghindari hubungan sexual pada saat mengalami masa subur.

Ciri-ciri Ovulasi

Sebelum membahas ciri-cirinya, yuk ketahui kapan sih terjadinya ovulasi / masa subur. Periode masa subur umumnya dimulai dari hari ke 14 dalam siklus menstruasi. Pada masa ini, kamu bisa melakukan hubungan sexual untuk mendapatkan kehamilan.

Kamu bisa menghitung kalender haid untuk mengetahui kapan masa subur terjadi. Caranya yaitu dengan menentukan tanggal menstruasi bulan selanjutnya, dan hitung mundur selama 8 sampai 12 hari sebelum tanggal mens.

Sayangnya, tidak semua wanita memiliki siklus menstruasi yang teratur, sehingga metode tersebut agak sulit dilakukan. Tetapi jangan khawatir, kamu bisa mengetahui kapan masa suburmu dengan mengenali tanda-tanda di bawah ini.

Meningkatnya Gairah Sexual

Pada saat ovulasi, wanita akan merasa dirinya lebih menarik dari hari-hari biasanya. Tak hanya itu, pada masa ini juga wanita akan lebih bergairah untuk melakukan hubungan sexual.

Terasa Sakit di Bagian Perut

Pernahkah kamu mendengar istilah mittelschmerz? Istilah tersebut merupakan sebutan untuk rasa sakit atau kram di bagian perut. Nah pada saat mengalami masa subur, sebagian wanita mengaku mengalami rasa sakit di bagian perut bawah / ovarium.

Bukan hanya di perut, sebagian wanita lainnya juga mengalami sakit di salah satu punggung ketika masa subur terjadi.

Keputihan

Sebagai seorang wanita, kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan keputihan. Yap, lendir yang keluar dari leher Rahim ini umum dialami oleh para wanita. Pada saat mengalami masa subur, lendir akan lebih cair, tujuannya untuk mempermudah masuknya sperma ke dalam tuba falopi dan bertemu dengan sel telur.

Ketika lendir mulai terlihat jernih seperti putih telur, itulah masa paling subur pada wanita. Untuk kamu yang sedang menjalankan program hamil, cobalah berhubungan sexual pada saat-saat tersebut.

Suhu Basal

Suhu basal adalah suhu tubuh ketika beristirahat. Pada dasarnya, masa-masa ovulasi dapat meningkatkan suhu basal tubuh. Kamu bisa mengecek / mengukur suhu basal menggunakan thermometer khusus dan memprediksi kapan kamu mengalami masa subur serta waktu terbaik untuk berhubungan seks.

admin